Selasa, 13 November 2007

RESENSI BUKU

Judul Buku :
EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN
Pedoman Teoritis Praktis Bagi Praktisi Pendidikan

Pengarang :
Prof. Dr. Suharsimi Arikunto
Cepi Safruddin Abdul Jabar

Penerbit :
Bumi Aksara

ISBN : 979-526-956-9
Cetakan : Pertama
Jenis Kertas : HVS
Jumlah Halaman : 150 Halaman
Tahun Terbit : 2004

Buku evaluasi program pendidikan ini hadir ditengah minimnnya literatur yang menjelaskan tentang evaluasi program pendidikan di Indonesia. Dalam karyanya ini Prof. Dr. suharsimi Arikunto dan Cepi Safruddin Abdul Jabar menjabarkan secara jelas dan menarik dengan bahasa yang mudah dipahami tentang evaluasi program pendidikan, sehingga buku ini sangat cocok dan menarik untuk dibaca khususnya guru, praktisi, pemerhati dan ahli pendidikan.

Pembahasan dalam buku ini meliputi beberapa bab pembahasan yaitu :
  1. Konsep Evaluasi Program pendidikan dimana penulis hendak menyampaikan hakikat dari suatu evaluasi program pendidikan yaitu proses untuk menilai keberhasilan suatu program yang selanjutnya akan dievaluasi dan diambil keputusan selanjutnya.
  2. Model dan rancangan evaluasi program
  3. Perencanaan evaluasi program
  4. Pelaksanaan evaluasi program
  5. Analisis data dalam evaluasi program pendidikan
  6. Menyusun laporan evaluasi
  7. Tata tulis laporan evaluasi
Dalam buku ini penulis sebenarnya penulis ingin menyampaikan betapa pentingnya suatu evaluasi dalam program pendidikan dengan gaya bahasa yang singkat padat dan mudah dipahami. Selain itu dalam buku ini pun dilengkapi dengan gambar dan contoh-contoh yang dapat mendukung dalam menjelaskan evaluasi program pendidikan di sekolah maupun lembaga-lemabaga lainnya.

Oleh karena itu bagi seorang evaluator khususnya dan pembaca pada umumnya, buku ini harus menjadi rujukan wajib yang harus dimiliki dan tentunya pada akhirnya para pembaca dapat memahami secara komprehensif tentang evaluasi program pembelajaran.

Demikianlah resensi buku ini, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Tidak ada komentar: